Review Lengkap Realme 9i Hp Terjangkau Kualitas Oke

DuniaKu - Realme telah meluncurkan smartphone berikutnya di Indonesia, Realme 9i. Realme 9i hadir dengan slot kartu SIM ganda, kamera utama 50MP, dan baterai 5000mAh. Itu datang dengan harga Rp. 3Jutaan di indonesia dalam 2 warna-biru dan hitam. Apakah realme 9i layak dibeli?

Unboxing Realme 9i

Realme 9i hadir dalam kotak kardus berwarna kuning yang terlihat biasa saja. Perangkat saya memiliki stiker dengan Hp Demo tertulis di atasnya, menempel di bagian atas kotak. Kotak terasa berat untuk dipegang karena pengisi daya di dalam kotak. Di dalam kotak ada kotak karton lunak berwarna kuning dengan alat pelepas SIM, dan Kotak Pelindung untuk perangkat. Ada tulisan 'Dare to Leap' di atasnya. Secara total, kotak Realme 9i berisi :
  1.     Perangkat realme 9i
  2.     Pengisi daya
  3.     Kabel data usb Type C
  4.     Casing pelindung
  5.     SIM Ejector
  6.     Panduan Keamanan
  7.     Panduan Cepat


Spesifikasi realme 9i

  1.     Layar- LCD 6,6 inci, 90Hz
  2.     Prosesor- Qualcomm Snapdragon 680
  3.     GPU- Adreno 610
  4.     Baterai- 5000mAh
  5.     Pengisian Cepat- 33W
  6.     OS- Android 11 dengan Realme UI 2.0 di atas
  7.     Kamera Belakang- 50MP+2MP+2MP
  8.     Kamera Depan- 16MP
  9.     Ukuran- 164.4×75.7×8.4mm
  10.     Berat 190 gram

Harga & Varian Realme 9i

Realme 9i akan tersedia dalam 2 warna - Prism Blue dan Prism Black di Indonesia. Ini akan menjadi 2 varian penyimpanan 
  •     4GB RAM + 64GB penyimpanan
  •     6GB RAM + 128GB penyimpanan
Penjualan dimulai pada 25 Januari tengah malam di realme.com dan Flipkart. Penjualan awal akan berlangsung pada 22 Januari, 12 siang di situs web realme dan Flipkart.

Review Realme 9i: Desain

Realme 9i hadir dengan Desain Prisma Stereo baru di bagian belakang yang merupakan desain mencolok sebaris yang telah dibuat untuk jajaran produk yang terjangkau. Meskipun perangkat ini hadir dalam 2 varian warna - Prism Blue dan Prism Black, varian yang saya terima adalah Prism Blue. Panel belakangnya ketika dimiringkan ke sudut tertentu memberikan efek 3D yang membuat cahaya memantul seperti cermin. Meskipun perusahaan mengklaim itu adalah desain tahan noda, saya menemukan sebaliknya. Setiap kali saya memegangnya, saya menemukan noda jari saya terlihat di bagian belakang ponsel. Selebihnya, saya cukup puas dengan tampilan Realme 9i.
Desain Realme 9i
Desain Realme 9i


Smartphone memiliki sedikit bezel di sekitar layar 6,6 inci yang memberikan visual berukuran yang cukup bagus. Ada lubang kecil di sudut kiri atas layar yang menampilkan kamera selfie.
Di sisi lain, smartphone ini memiliki pengaturan tiga kamera yang terlihat di bagian belakang dengan lampu kilat LED. Tombol daya dan pengatur volume & baki kartu SIM masing-masing menemukan real estat di tepi kiri dan kanan. Bagian bawah Realme 9i memiliki port USB Type C untuk pengisian daya dan jack headphone 3.5mm. dan punya saya ini memiliki RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Ponsel ini memiliki berat yang terdistribusi dengan baik meskipun 190 gram dan tidak terasa berat dan pas di telapak tangan saya dengan mudah dapat memegangnya, karena ramping (ketebalan 8,4mm). Sejauh kualitas build berjalan, saya tidak menemukan alasan untuk mengeluh. Realme 9i terasa seperti ponsel yang kokoh berkat bahan plastiknya.


Review Realme 9i: Tampilan

Realme 9i memiliki layar LCD FHD+ bezel-less 6,6 inci dengan resolusi 2412x1080 piksel. Ini memiliki tingkat sensitivitas 180Hz dan PPI layar 401. Meskipun memiliki kecepatan refresh 90Hz, bagian baiknya adalah kecepatan refresh adaptif. Ada 5 tingkat refresh rate yang berbeda untuk berbagai aktivitas yang dilakukan di smartphone. Misalnya, saat streaming film, 48Hz sedangkan saat bermain game meningkat menjadi 60/90Hz.
Tampilan Realme 9i
Tampilan Realme 9i

Ini memungkinkan smartphone untuk menghemat baterai. Visual pada layar LCD yang tajam dan bersemangat dalam warna. Saya menonton film, melihat video musik, dan memainkan beberapa game ringan juga, dan visual di dalamnya enak dipandang. Muncul dengan sertifikasi WideVine L1 yang penting untuk streaming HD pada platform OTT seperti Netflix dan Prime Videos.

Saya menemukan kecerahan layar memuaskan dengan kecerahan puncak menjadi 480 nits. Ponsel ini memiliki fitur kecerahan adaptif yang membantu karena saya memiliki kebiasaan membaca buku di aplikasi kindle selama berjam-jam di malam hari. Mata saya tidak tegang karena kecerahannya disesuaikan sendiri. Kecerahan yang dapat disesuaikan juga berarti bahwa orang lain di ruangan itu juga tidak akan terganggu oleh pantulan ponsel saat gelap.

Review Realme 9i: Baterai

Realme 9i memiliki baterai 5000mAh yang merupakan peningkatan dari Realme 8i. Ketika saya menggunakan Realme 9i, saya menyadari bahwa baterai hampir tidak terkuras ketika saya tidak menggunakan ponsel saya. Mendengarkan musik, bermain game, dan membaca buku selama 1-2 jam berturut-turut juga tidak banyak menguras baterai. Setelah terisi penuh, Realme 9i bertahan selama hampir 35 jam tanpa perlu diisi ulang. Ini bagus karena saya tidak perlu khawatir sering mengisi daya ponsel saya.
Realme 9i  baterai
Realme 9i baterai

Berbicara tentang pengisian daya, Realme 9i hadir dengan pengisian cepat Dart 33W yang menyelesaikan 0 hingga 100 dalam waktu sekitar 75 menit. Ada beberapa fitur lain juga yang membantu dalam meningkatkan masa pakai baterai Hp. Ini termasuk membekukan aplikasi yang tidak digunakan, mengurangi kecerahan saat tidak diperlukan, dan menghapus aplikasi latar belakang. Saat saya menggunakan salah satu fitur ini, masa pakai baterai meningkat sekitar 40 menit. Secara keseluruhan baterai di Realme 9i kuat dan kemampuan pengisian dayanya memadai.



Review Realme 9i: Performa & Software

Realme 9i hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 berbasis 6nm yang diklaim dapat memberikan kinerja gaming yang lebih baik dan fungsi perangkat yang lebih cepat. Ini adalah prosesor octa-core dengan GPU Adreno 610. Sebagai perbandingan, ini adalah penerus chipset Snapdragon 662 dan mengklaim memberikan CPU 25 persen lebih baik dan kinerja GPU 10 persen lebih baik.
Selama penggunaan saya, saya mengalami bahwa aplikasi diluncurkan dengan sangat cepat dan bermain game juga lebih baik. Selama periode permainan, Hp tidak pernah memanas atau mulai bertingkah bahkan pada kecepatan bingkai sedang. Prosesornya cepat dan dengan demikian menghabiskan lebih sedikit masa pakai baterai.

Smartphone ini hadir dengan sejumlah aplikasi yang dimuat sebelumnya seperti Share Chat, Josh, Snapchat, Taka Tak, Phone Pe, dan lainnya. Tidak ada game yang dimuat sebelumnya yang melegakan. Aplikasi yang dimuat sebelumnya ini dapat dihapus instalannya jika Anda tidak membutuhkannya. Jika tidak, ada penyimpanan internal yang cukup untuk mengunduh semua aplikasi dan game yang Anda butuhkan.

Varian yang saya dapatkan memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB tetapi ada ketentuan untuk mengonversi hingga 5GB ROM ke RAM virtual, sehingga memungkinkan ponsel memiliki RAM 11GB. Perlu ditunjukkan bahwa RAM virtual ini tidak berada di liga yang sama dengan RAM fisik.
Jika Anda tertarik pada benchmark, berikut adalah hasil dari beberapa tes benchmark yang saya jalankan di Realme 9i.
Permorma Realme 9i
Permorma Realme 9i


Realme 9i Benchmarks Score
Antutu V9.2
2,75,134
Geekbench Single Core
383
Geekbench Multi-Core
1592
3D Mark Wildlife 2.0
452
GFX Sling Shot
2121

Sebagai pengemudi harian saya, kinerja Realme 9i sesuai dengan harapan saya. Saya berhasil melakukan sebagian besar hal dasar saya seperti menjelajahi web atau melihat umpan media sosial dengan mudah. Saya dapat beralih antar aplikasi dengan cepat.

Di bagian depan game, pengalamannya tidak terlalu bagus. Saya mencoba beberapa judul game populer seperti BGMI dan Call of Duty. Itu hanya berhasil menjalankan game-game berat ini dengan grafis yang halus dan frame rate yang tinggi. Selama bermain game, saya hanya melihat penurunan frame dua atau 3 kali hingga saat ini.

Review Realme 9i: Kamera

Realme 9i hadir dengan pengaturan tiga kamera di bagian belakang dengan lensa kamera utama menjadi penembak Ultra HD 50MP. Sensor 50MP dari Samsung ini mengklik gambar rata-rata di siang hari. Detailnya oke tapi kekayaan warnanya jauh dari objek. Seperti halnya dengan sebagian besar smartphone kisaran anggaran, semakin baik cahaya alami, semakin baik klik yang Anda dapatkan.
Smartphone ini memiliki lensa Makro 2MP yang memberikan bidikan close-up yang layak di siang hari. Kualitas gambar cahaya rendah tidak sesuai standar. Bidikan tanaman uang diambil pada siang hari, sedangkan yang lainnya diambil dalam cahaya buatan di depan cermin.

Lensa ketiga adalah lensa potret 2MP yang tidak perlu dibanggakan. Tujuan utama dari lensa ini adalah untuk menciptakan bokeh yang sedikit hit and miss.
hasil kamera realme 9i
Hasil kamera realme 9i


Kamera selfie pada Realme 9i memberikan kualitas foto yang bagus di siang hari. Subjek disorot dengan jumlah detail yang bagus. Semakin baik cahaya alami, semakin baik hasil foto Anda. Saya mengambil selfie ini di siang hari tetapi tidak banyak sinar matahari dan itu bagus.

Ada juga fitur lain seperti Night Mode, Video Mode, Panorama View, Timelapse, HDR, Ultra macro, AI Beauty, Slow Motion, dll.

Kesimpulan: 

Haruskah Anda membeli Realme 9i?

Realme 9i adalah smartphone yang layak dengan harga yang terjangkau. Ini memiliki prosesor yang mumpuni, masa pakai baterai yang tahan lama, dan kualitas tampilan yang layak dengan kecepatan refresh yang tinggi. Desainnya sederhana tetapi warnanya yang mencolok dan hasil akhir yang mengkilap cenderung menarik bagi sebagian besar pengguna dasar.

Jika Anda menginginkan smartphone 4G anggaran yang menawarkan prosesor yang baik, penyimpanan yang memadai, kamera utama yang layak, Realme 9i bisa menjadi pilihan Anda. Jika Anda tidak menginginkan kinerja gaming terbaik dan desain yang terlihat premium, Realme 9i adalah pembelian yang cerdas untuk Anda.

Alasan untuk membeli

  1.      Daya tahan baterai yang baik
  2.      Performa Memuaskan
  3.      Speaker stereo
  4.      Kamera Utama yang Layak

Alasan untuk tidak membeli

  1.      Panel belakang ada noda
  2.      Kamera sekunder yang tidak begitu mengesankan
  3.      Tidak ada konektivitas 5G

0 Komentar